Wednesday, 26 June 2013

Hukum Ohm


 
Standar Kompetensi                     :     Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi.
Kompetensi Dasar:                        :     - Menggunakan alat ukur listrik.
                                                     -  Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (1 loop)

A.    Tujuan
  1. Siswa dapat menggunakan alat listrik dengan baik dan benar
  2. Siswa dapat menemukan hubungan antara kuat arus dengan tegangan listrik melalui eksperimen

B.     Alat dan Bahan
  1. Amperemeter                                                     1 buah
  2. Voltmeter                                                           1 buah
  3. Batere                                                                 2 buah
  4. saklar                                                                  1 buah
  5. Kawat nikelin (200 cm) penampang A              1 buah
  6. Kabel penghubung                                             secukupnya
  7. kertas grafik                                                       secukupnya
  8. Hambatan geser (Rheostat) 100 Ohm                1 buah

C.    Langkah-langkah
  1. Susunlah alat-alat seperti gambar di bawah ini dengan menggunakan kawat nikelin panjag 200 cm sebagai hambatan R dan pasanglah keduduk hambatan geser pada kedudukan maksimum.


  1. Aturlah kedudukan hambatan geser, sehingga amperemeter dan voltmeter dapat dibaca dengan cermat
  2. Catatlah jarum penunjukan amperemeter dan voltmeter pada waktu rangkaian tertutup
  3. Ulangi langkah 2 s.d. 3 dengan mengatur kedudukan hambatan geser, catat hasilnya ke dalam table di bawah ini.
Tabel Kuat Arus dan Tegangan
Percobaan
Kuat Arus (A)
Tegangan (V)
1.
2.
3.
4.
5.
……….
……….
……….
……….
……….
……….
……….
……….
……….
……….

D.    Pertanyaan
  1. Berdasarkan data pada table di atas, gambarlah grafik hubungan antara V dan I (V sebagai sumbu x)
  2. Hitung hambatan kawat nikelin untuk masing-masing percobaan!
  3. Sebutkan manfaat eksperimen di atas dalam kehidupan sehari-hari!

E.     Kesimpulan
Berdasarkan hasil eksperimen di atas, bagaimanakah hubungan antara V dan I dari grafik yang telah Anda buat!

Monday, 10 June 2013

EKSPERIMEN ALAT UKUR PANJANG





Standar Kompetensi                     :     Menerapkan Konsep Besaran Fisika dan Pengukurannya.
Kompetensi Dasar:                        :     Pengukuran Massa, Panjang, dan Waktu

A.    Tujuan
1.      Siswa mampu menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur
2.      Siswa mampu mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan (aturan angka penting)

B.     Alat dan Bahan
1. Jangka Sorong                     1 buah
2. Mikrometer Sekrup             1 buah
3. Batang Statif Pendek          1 buah
4. Batang Perangkai                1 buah
5. Balok Aluminium                1 buah

C.    Langkah-langkah
1.      Persiapkan alat/komponen yang sesuai dengan daftar alat dan bahan
2.      Periksa apakah jangka sorong dapat berfungsi dengan baik dan benar
3.      Periksa apakah mikrometer sekrup dapat berfungsi dengan baik dan benar
4.      Sebelum melakukan kegiatan selanjutnya, pastikan bahwa alat-alat tersebut dapat berfungsi dengan baik
5.      Ukur panjang sisi A dan sisi B dari balok aluminium dengan menggunakan jangka sorong.
6.      Ukur diameter batang statif pendek dengan menggunakan jangka sorong
7.      Ukur diameter batang perangkai dengan menggunakan jangka sorong
8.      Masukkan data yang telah diperoleh ke dalam tabel 1.1 yang telah tersedia
9.      Tentukan jumlah penting dari hasil pengukuran di atas
10.  Ulangi langka 5 s.d. 9 dengan menggunakan mikrometer sekrup
11.  Bandingkan jumlah angka penting kedua tabel yang telah disediakan

D.    Tabel Pegamatan
Tabel 1.1 Pengukuran Menggunakan Jangka Sorong
No.
Benda yang diukur
Hasil Pengukuran
(mm)
Jumlah Angka Penting
1.
2.
3.
4.
Balok Aluminium sisi A
Balok Aluminium sisi B
Diameter batang statif pendek
Diameter batang perangkai
………..
………..
………..
………..
………..
………..
………..
………..


Tabel 1.2 Pengukuran Menggunakan Mikrometer Sekrup
No.
Benda yang diukur
Hasil Pengukuran
(mm)
Jumlah Angka Penting
1.
2.
3.
4.
Balok Aluminium sisi A
Balok Aluminium sisi B
Diameter batang statif pendek
Diameter batang perangkai
………..
………..
………..
………..
………..
………..
………..
………..

Tabel 1.3 Perbandingan Pengukuran Menggunakan Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup
No.
Benda yang diukur
Jumlah Angka Penting
Jangka Sorong
Mikrometer Sekrup
1.
2.
3.
4.
Balok Aluminium sisi A
Balok Aluminium sisi B
Diameter batang statif pendek
Diameter batang perangkai
………..
………..
………..
………..
………..
………..
………..
………..


E.     Kesimpulan
Dari hasil pengkuran menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup, manakah alat ukur yang lebi teliti, jangka sorong atau mikrometer sekrup? Berikan alasanmu!

Monday, 3 June 2013

SOAL TRY OUT SEMESTER 1 FISIKA BIMBEL


 
1.       Sebuah partikel bergerak dari keadaan diam pada suatu gerak lurus yang persamaan geraknya adalah y = 0,4t3 – 2t2 + 5 (dalam SI). Besar kecepatan dan percepatan partikel pada t = 5 sekon adalah ….
a.       5 m/s dan 4 m/s2                                 c. 10 m/s dan 10 m/s2                                e. 10 m/s dan 4 m/s2
b.      5 m/s dan 8 m/s2                                 d. 10 m/s dan 8 m/s2

2.       Sebuah benda melakukan gerak rotasi dengan persamaan posisi sudut rad. Kecepatan sudut benda pada detik kelima adalah ….
a.       0 rad/s                                          c. 5 rad/s                                              e. 15 rad/s
b.      3 rad/s                                          d. 10 rad/s

3.       Dua orang anak terpisah sejauh 1 m dengan massa masing-masing 60 kg dan 50 kg. Besar gaya gravitasi antara mereka adalah …. (G = 6,67 x 10-11 Nm2/kg2).
a.       2 x 10-6 N                                      c. 2 x 10-8 N                                         e. 2 x 10-10 N
b.      2 x 10-7 N                                      d. 2 x 10-9 N

4.       Besarnya percepatan gravitasi di permukaan bumi 10 m/s2, maka percepatan gravitasi suatu tempat setinggi R (R jari-jari bumi)  dari permukaan bumi adalah ….
a.       2,5 m/s2                                                           c. 10 m/s2                                                                   e. 40 m/s2
b.      5 m/s2                                           d. 20 m/s2

5.       Dua pegas identik dengan konstanta gaya 800 N/m. Kedua pegas diparalelkan. Besarnya gaya yang dibutuhkan untuk menarik pegas sehingga bertambah panjang 5 cm adalah ….
a.       120 N                                             c. 80 N                                                   e. 20 N
b.      100 N                                             d. 40 N

6.       Sepotong kawat panjang 3,14 m ditarik gaya 100 N sehingga mengalami pertambahan panjang 0,1 mm. Jika luas penampang kawat 0,2 mm2, maka besar modulus elastisitas kawat tersebut adalah ….
a.       5,6 x 109 Nm-2                                           c. 5,01 x 1011 Nm-2                                          e. 5,04 x 1013 Nm-2
b.      5,2 x 109 Nm-2                                           d. 1,57 x 1013 Nm-2

7.       Sebuah benda mengalami getaran selaras dengan amplitudo 40 cm. Jika energi potensial pada simpangan terjauh 10 J, maka energi potensial pada simpangan 20 cm adalah ….
a.       5 J                                                   c. 25 J                                                    e. 100 J
b.      20 J                                                 d. 40 J

8.       Sebuah benda bermassa 4 kg mula-mula diam, kemudian bergerak lurus dipercepat dengan percepatan 3 m/s2. Usaha yang diubah menjadi energi kinetik setelah 2 detik adalah ….
a.       6 joule                                          c. 24 joule                                            e. 72 joule
b.      12 joule                                        d. 48 joule

9.       Sebuah benda dengan massa 1 kg dijatuhkan dari ketinggian 20 m. Besar energi kinetik benda saat benda berada 5 m dari atas tanah adalah …. (g = 10 m/s2)
a.       50 joule                                        c. 150 joule                                         e. 250 joule
b.      100 joule                                      d. 200 joule

10.   Seorang nelayan menaiki perahu yang bergerak dengan kecepatan 4 m/s. Massa perahu dan nelayan masing-masing 200 kg dan 50 kg. Nelayan tersebut meloncat dari perahu dengan kecepatan 8 m/s searah gerak perahu. Kecepatan perahu sesaat setelah nelayan meloncat adalah ….
a.       1 m/s                                             c. 3 m/s                                                                e. 6 m/s
b.      2 m/s                                             d.4m/s

11.   Bola tenis dilepaskan dari ketinggian tertentu. Jika tinggi pemantulan pertama mencapai 50 cm dan tinggi pantulan kedua mencapai 12,5 cm, benda dijatuhkan dari ketinggian ….
a.       100  cm                                         c. 300 cm                                              e. 800 cm
b.      200 cm                                          d. 400 cm