Monday, 18 February 2013

Soal Teropong Bintang




  1. Jarak titik api lensa objektif dan okuler dari teropong bintang berturut-turut adalah 150 cm dan 30 cm. Jika teropong digunakan oleh mata normal yang tidak berakomodasi, tentukan panjang teropong dan perbesaran sudutnya !

2.    Jarak fokus lensa objektif suatu teropong bintang adalah 20 kali jarak fokus lensa okulernya. Jika panjang teropong 220 cm, tentukan jarak fokus lensa objektif dan lensa okulernya!


3.     Seseorang mengamati benda-benda angkasa menggunakan teropong bintang dengan tidak berakomodasi. Jika jarak fokus lensa objektif 200 cm dan jarak fokus lensa okuler 5 cm, tentukan :
a.     Perbesaran teropong
b.     Panjang teropong, dan
c.     Berapa cm dan kearah mana lensa okuler harus digeser jika orang tersebut mengamati dengan mata berakomodasi maksimum!

4.     Jarak fokus lensa objektif dan jarak fokus lensa okuler teropong bintang masing-masing 360 cm dan 9 cm. Seseorang mengamati benda-benda angkasa menggunakan teropong bintang dengan berakomodasi maksimum. Tentukan:
a.     Perbesaran teropong
b.     Panjang teropong, dan
c.     Berapa cm dan kearah mana lensa okuler harus digeser jika orang tersebut mengamati dengan mata tidak berakomodasi!

3 comments: